Applications

[Applications][bsummary]

E-Learning

[E-Learning][bleft]

Templates

[Templates][grids]

E-books

[E-books][twocolumns]

Lastest Post

Analisis Kemampuan Algoritma Siswa Untuk Memecahkan Masalah Matematika SMP "Latar Belakang" (Artikel Pendidikan)



     Pendidikan merupakan aspek yang sangat penting bagi kehidupan, yang merupakan salah satu faktor yang sangat menunjang kemajuan bangsa. Dengan pendidikan maka keadaan dunia dapat berubah. Vitalis (dalam Soebijantoro et al, 2010:75) mengatakan bahwa secara umum pendidikan diartikan sebagai suatu proses bantuan yang diberikan oleh orang dewasa kepada individu yang belum dewasa, yang bertujuan untuk mencapai taraf kedewasaan. Majelis Permusyawaratan Rakyat (dalam Akhmad Sudrajat, 2010:1) menyatakan bahwa pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara. 

     Realita menunjukkan bahwa mutu pendidikan kita masih rendah. Indonesia Policy Briefs (2009:1) mengemukakan bahwa selama ini ekspansi sekolah tidak menghasilkan lulusan dengan pengetahuan dan keahlian yang dibutuhkan untuk membangun masyarakat yang kokoh dan ekonomi yang kompetitif di masa depan. Bukti ini ditunjukkan dengan rendahnya kemampuan murid tingkat 8 (SMP kelas 2) dibandingkan dengan negara tetangga Asia pada ujian-ujian internasional di tahun 2001.

     Belajar merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam pendidikan. Slameto (2010:2) berpendapat, secara psikologis, belajar merupakan suatu proses perubahan yaitu perubahan tingkah laku sebagai hasil dari interaksi dengan lingkungannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Perubahan-perubahan tersebut akan nyata dalm seluruh aspek tingkah laku. Pengertian belajar dapat didefinisikan sebagai berikut.

     “Belajar adalah suatu proses usaha yang dilakukan seseorang untuk memperoleh suatu perubahan tingkah laku yang baru secara keseluruhan, sebagai pengalamannya sendiri dalam interaksi dengan lingkungannya” (Slameto,2010:2).
Dari definisi belajar tersebut maka dapat diambil kesimpulan bahwa di dalam menjalani belajar tentunya ada proses, yang disebut proses belajar. Baharuddin dan Esa Nur Wahyuni (2007:16) menyatakan “proses belajar adalah serangkaian aktivitas yang terjadi pada pusat syaraf individu yang belajar.” 

     Dalam dunia pendidikan formal di Indonesia khususnya,dalam kegiatan belajar mengajar ada beberapa mata pelajaran yang harus di pelajari. salah satu diantarnya adalah mata pelajaran matematika. Matematika merupakan mata pelajaran yang penting untuk melatih kemampuan atau kecerdasan anak. Catur Supatmo (2007:16) menyatakan ”secara etimologis, matematika berasal dari bahasa latin manthanein atau mathcmata yang berarti belajar atau hal yang dipelajari. Dalam bahasa belanda disebut wiskunde atau ilmu pasti, yang kesemuanya berkaitan dengan penalaran”. Sukardjono (2007:1.3) mengemukakan  ”matematika adalah cara atau metode berpikir dan bernalar. Matematika dapat digunakan untuk membuat keputusan apakah suatu ide itu benar atau salah atau paling tidak ada kemungkinan benar”.  Russel (dalam Hamzah dan Masri Kudrat Umar, 2009:108) bependapat bahwa matematika sebagai suatu studi yang dimulai dari pengkajian bagian-bagian yang sangat dikenal menuju arah yang tidak dikenal. Arah yang tak dikenal itu tersusun baik (konstruktif),secara bertahap menuju arah yang rumit (kompleks) dari bilangan bulat ke bilangan pecah, bilangan riil ke bilangan kompleks, dari penjumlahan dan perkalian ke deferensial dan integral, dan menuju matematika yang lebih tinggi.

     Dalam mata pelajaran matematika tentunya ada permasalahan-permasalahan yang harus diselesaikan. Untuk menyelesaikan beberapa masalah yang terkait dengan matematika ada yang harus menggunakan langkah-langkah yang urut dan sistematis yang disebut algoritma. Rinaldi Munir (2003:126) mengemukakan “algorima adalah urutan langkah-langkah logis penyelesaian masalah yang disusun secara sistematis.”

Goto >> Kajian Teori

No comments: